Kelebihan dan Kekurangan Bored Pile

April 19, 2018

Kelebihan pondasi bored pile dalam konstruksi :

  1. Cocok digunakan untuk lokasi yang sempit karena bored pile tunggal dapat digunakan pada pile cap atau tiang kelompok.
  2. Diameter dan kedalaman tiang dapat divariasikan sesuai dengan yang sudah ditentukan
  3. Pondasi bored pile dapat didirikan sebelum penyelesaian tahapan selanjutnya dan mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap beban lateral.
  4. Meskipun saat pemasangan pondasi bored pile menimbulkan getaran tanah, tidak akan mengakibatkan kerusakan pada bangunan yang ada di dekatnya.
  5. Proses pemasangan pondasi bored pile pada tanah lempung tidak akan membuat tiang bergeser ke samping dan juga tidak akan membuat tanah bergelombang.
  6. Dasar dari pondasi bored pile dapat diperbesar yang akan memberikan ketahanan yang besar untuk gaya keatas.
  7. Permukaan di atas di mana dasar bored pile didirikan dapat diperiksa secara langsung.
Kelemahan dari pondasi bored pile adalah:
  1. Keadaan cuaca yang kurang mendukung dapat mempersulit pengeboran dan pengecoran.
  2. Kepadatan tanah pada saat pengeboran akan mengalami penurunan. Apabila lokasi pengeboran berupa tanah berpasir atau tanah berkerikil, maka gunakanklah bentonite sebagai penahan longsor.
  3. Pengecoran beton sulit dilakukan apabila dipengaruhi air tanah. Karena mutu beton tidak dapat dikontrol dengan baik, maka dapat diatasi dengan cara ujung pipa tremie berjarak 25-50 cm dari dasar lubang pondasi. Selain itu, air yang mengalir ke dalam lubang bor dapat mengakibatkan gangguan tanah sehingga mengurangi kapasitas dukung tanah terhadap tiang.
  4. Pembesaran ujung bawah tiang tidak dapat dilakukan untuk tanah berpasir.
  5. Dapat menimbulkan tanah runtuh (ground loss), maka diperlukan pemasangan casing untuk mencagah kelongsoran.
  6. Walaupun peneterasi dengan menggunakan pondasi bored pile mampu mencapai kedalaman yang telah ditentukan, kadang-kadang yang terjadi adalah tiang pendukung kurang sempurna karena adanya lumpur yang tertimbun di dasar. Oleh karena itu, dibutuhkan pemasangan pipa paralon pada tulangan bored pile untuk pekerjaan base grouting.

 

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.